Terlihat dari namanya pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang berada di Bursa dan modal adalah instrument yang diperjual belikan yaitu surat berharga yang mewakili modal,  dalam pengertian  lain pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.  Efek atau surat berharga tersebut merupakan dana jangka panjang yang memiliki jatuh tempo pada waktu tertentu seperti saham, obligasi dan produk – produk lainnya, hal tersebut tidak terlepas dari sejarah panjang Pasar Modal Di Indonesia.

Tahun 1880

Transaksi efek telah dilakukan namun  tanpa organisasi resmi sehingga catatan tentang transaksi tersebut tidak lengkap. Pada tahun 1878 terbentuk perusahaan untuk perdagangan komunitas dan sekuritas, yakti Dunlop & Koff.

Tahun 1892

Perusahaan perkebunan Cultuur Maatschappij Goalpara di Batavia mengeluarkan prospektus penjualan 400 saham dengan harga 500 gulden per saham.

Tahun 1896

Tahun ini diperkirakan awal mula periode permulaan sejarah pasar modal Indonesia, menurut Harian Het Centrum dari Djoejacarta juga mengeluarkan prospektus penjualan saham senilai 105 ribu gulden dengan harga perdana 100 gulden per saham. Tetapi, tidak ada keterangan apakah saham tersebut diperjualbelikan. Menurut perkiraan, yang diperjualbelikan adalah saham yang terdaftar di bursa Amsterdam tetapi investornya berada di Batavia, Surabaya dan Semarang.

14 Desember 1912

Pada masa ini bursa pasar modal didirikan yang bernama Amsterdamse Effectenbueurs cabang yang terletak di Batavia (Jakarta) dan langsung memulai perdagangan. Pertimbangannya yaitu pemerintah kolonial Belanda mulai membangun perkebunan secara besar-besaran di Indonesia. Sebagai salah satu sumber dana adalah dari para penabung yang telah dikerahkan sebaik-baiknya. Para penabung tersebut terdiri dari orang-orang Belanda dan Eropa lainnya yang penghasilannya sangat jauh lebih tinggi dari penghasilan penduduk pribumi, bursa ini memperjualbelikan aham dan obligasi perusahaan/perkebunan Belanda yang beroperasi di Indonesia, obligasi yang diterbitkan pemerintah (provinsi dan kotapraja), sertifikat saham perusahaan-perusahaan Amerika yang diterbitkan oleh kantor administrasi di negeri Belanda serta efek perusahaan Belanda lainnya.

 

 

Lanjutkan …