Menurut UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan terbatas, RUPS adalah Organ atau bagian Perseroan yang memiliki Kewenangan yang tidak diberikan kepada Direksi maupun Dewan Komisaris dalam batas yang telah ditentukan oleh Undang-Undang dan/atau anggaran dasar. RUPS dapat dikatakan lebih sederhananya adalah rapat owner atau rapat pemilik perusahaan.

“Kenapa RUPS harus diadakan ? “

Karena sudah diatur dalam undang-undang suatu Perseroan Terbatas memang wajib mengadakan. Jenis-jenis RUPS yang terdiri dari :
1. RUPS Tahunan, yakni RUPS yang diadakan untuk menerima laporan tahunan dari direksi tentang pengelolaan perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. Diadakan setiap tahun, selambat-lambatnya 6 (enam) bulan setelah periode tahun buku perusahaan.
2. RUPS Lainnya, yakni diadakan sesuai dengan kebutuhan, tidak memandang waktu melainkan dapat diadakan setiap waktu.

“Apa tujuan RUPS ? “
RUPS merupakan sebuah forum yang berisikan para pemegang saham yang memiliki kewenangan untuk memperoleh keterangan-keterangan mengenai perseroan, dari dewan komisaris maupun direksi. Keterangan mengenai perseroan tersebutlah yang dijadikan landasan bagi RUPS untuk menentukan sebuah kebijakan dan langkah-langkah yang strategis untuk perseroan dalam mengambil keputusan sebagai sebuah badan hukum.

“Apa fungsi RUPS ?”
Tujuan utama dari RUPS ini adalah memunculkan keputusan strategis dan penting yang akan dilakukan oleh perusahaan, antara lain :

  • Merger atau akuisisi
  • Pemutusan harga Deviden,
  • Perencanaan HMETD
  • Pengajuan pailit
  • pembubaran perseroan, pergantian direksi/komisaris dan keputusan penting lainnya.

Maka kuorum kehadiran para pemegang saham adalah ¾ dari total jumlah suara yang dikeluarkan oleh Perseroan, dan harus disetujui oleh ¾ dari yang jumlah suara hadir.

“ Bagaimana RUPS diadakan ?”
RUPS dapat dilakukan atas dasar permintaan dari 1 (satu) orang atau lebih pemegang saham yang bersama-sama mewakili 1/10 (satu persepuluh) atau lebih dari jumlah seluruh saham dengan hak suara, Permintaan dari Dewan Komisaris dan hasil dari permintaan RUPS lainnya.

“ Bisakah investor kecil/retail mengikuti RUPS ? “
Tentu saja bisa karena adalah HAK, Sebagai seorang Investor tidak peduli berapa banyak jumlah saham yang dimiliki bahkan sebagai investor retail yang hanya memiliki 1 lot pun, tetap bisa mengikuti dan hadir di RUPS.

Untuk lebih lengkap bagaimana cara mengikuti RUPS berikut hal-hal yang harus dipersiapkan :

  1. Cek Jadwal RUPS yang dapat dilihat disini : http://www.ksei.co.id/publications/corporate-action-schedules/rups-rupo.
  2. Pastikan kamu memiliki saham yang perusahaannya akan melakukan RUPS sebelum masa recording date.
  3. Hubungi Sekuritas atau broker saham tempat kamu membuka rekening saham dan mintalah undangan RUPS yang ingin kamu hadiri.
  4. Setelah menerima undangan, kamu akan mendapatkan informasi detail seperti lokasi RUPS, waktu pelaksanaan dsb.