Menurut  UUPM Pasal 82 ayat 1,  HMETD atau Rights Issue didefinisikan sebagai hak yang melekat pada saham yang memberikan kesempatan bagi pemegang saham bersangkutan untuk membeli Efek baru sebelum ditawarkan kepada pihak lain.

Tujuan dari dilakukannya Rights Issue ini untuk meningkatkan/mendapatkan modal baru bagi Perusahaan yang nantinya digunakan untuk perkembangan perusahaan, bisa untuk membangun pabrik baru, menambah jumlah mesin, berinovasi dalam produk, bisa juga digunakan untuk mengakuisisi perusahaan lain dll. Untuk melihat Aksi korporasi ini dapat dilihat di https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/aksi-korporasi/

Manfaat Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) bagi investor adalah dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan saham di harga dibawah pasar atau mendapatkan Righ yang dapat dijual. Sebagai contoh emiten ABCD akan melakukan Righ issue dengan point berikut ini antara lain :

  1. Harga pelaksanaan RI atau exercise price yaitu pada harga Rp 120/saham
  2. Ratio (lama : baru) adalah pembagian saham yang kita dapatkan dari saham lama yang kita pegang  dalam kasus ini rationya adalah (1 : 2) artinya setiap 1 saham lama akan mendapatkan 2 saham baru.
  3. Cum date adalah singkatan dari cumulative date yaitu tanggal penentuan bagi para investor yang berhak mendapatkan righ dari perusahaan, yaitu pada tanggal 11-April-2019.
  4. Ex date adalah hari setelah hari cum date, hari dimana hari cum date dinyatakan berakhir dan pemberhentian hak HMETD dilakukan yaitu pada tanggal 12-April-2019.

Biaya penebusan RI dan jumlah  saham Setelah RI:

Anda memegang saham ABCD sebanyak 100 lot saham dan ingin menebus hak, maka:

  • 100 lot dibagi 1 x 2 (Ratio 1:2) = 200 lot
  • Anda harus mengeluarkan uang sebanyak, 200 lot x 100 x Rp 120 = Rp 2.400.000
  • Sehingga saham Anda akan menjadi 100 lot + 200 lot =300 lot.

Jika tidak ditebus:

  • Jual hak Anda di Bursa atau di luar bursa, biasanya Ada kode R setelah kode emiten seperti ABCD-R atau BBRI-R, maka righ tersebut dapat dijual jika kita tidak melakukan penebusan.