Pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh teman-teman calon/investor pemula yang ingin mulai investasi saham adalah “perusahaan sekuritas mana yang bagus untuk investasi saham?”. Pertanyaan yang sangat beralasan mengingat banyaknya perusahaan sekuritas di Indonesia.

Perusahaan sekuritas di Indonesia jumlahnya sangat banyak, sudah lebih dari 100 perusahaan. Dengan sangat banyaknya jumlah perusahaan sekuritas, sudah tentu cukup sulit untuk anda memilih. Daftar perusahaan efek yang terdaftar sebagai anggota Bursa Efek Indonesia dapat anda lihat di website www.idx.co.id

Dahulu kreteria utama memilih perusahaan sekuritas adalah keamanan, beberapa kasus penyalahgunaan dana nasabah menjadi faktor utama. Tapi dengan adanya beberapa peraturan terkait transaksi pasar modal membuat berinvestasi saham menjadi lebih aman.

Anda tidak perlu merasa khawatir dengan dana anda akan digunakan oleh broker, karena telah diberlakukan peraturan pemisahan dana milik nasabah dan milik perusahaan sekuritas. Dana nasabah sudah aman ditempatkan di Rekening Dana Investor (RDI).

Saham yang anda beli juga tersimpan di PT Kustodian Sentral Efek (KSEI) , bukan berada di perusahaan sekuritas, dan KSEI juga menerbitkan kartu AKSes untuk investor yang sudah terdaftar di PT Kustodian Sentral Efek. Jadi dana dan saham anda dijamin keamanannya oleh pemerintah.

Perusahaan sekuritas, atau broker adalah perusahaan yang aktivitas utamanya menjadi perantara jual beli efek/saham antara investor dan emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, yang memiliki izin usaha dari OJK dan BEI.

Fungsi utama perusahaan sekuritas adalah sebagai perantara perdagangan, contoh anda ingin membeli indomie, anda tidak perlu langsung datang ke pabrik indomie untuk membeli, anda tinggal datang ke toko terdekat. Sama halnya dengan saham, ketika anda ingin membeli saham PT Indofood Tbk, anda tidak bisa langsung datang ke kantor untuk membeli saham, anda harus melalui perusahaan sekuritas.

Dalam memilih perusahaan sekuritas yang sesuai dengan tujuan dan profil anda, beberapa faktor yang harus anda jadikan acuan. ulasan dibawah ini akan membantu mempermudah anda untuk menentukan pilihan perusahaan sekuritas.

  1. Status Perusahaan Efek

Sebuah perusahaan efek yang beroprasi sebagai perantara perdagangan efek harus mendapatkan izin dari OJK dan juga terdaftar dalam anggota Bursa Efek Indonesia. Anda harus memastikan perusahaan efek yang anda pillih legal, untuk menghindari investasi-investasi bodong.

  1. Fasilitas Trading

Transaksi Saham sekarang sudah beralih kearah online trading, cara konvensional order saham via telpon sekararang beralih menjadi transaksi berbasis internet. Transaksi saham dapat dilakukan via komputer atau smartphone.

Fitur-fitur yang menunjang transaksi perdagangan merupakan hal yang harus diperhatikan. Fitur yang bagus akan mempermudah anda dalam melakukan transaksi.

Misalnya fitur Good Until Cancel, alarm harga atau fitur tool indicator yang lengkap dan fitur-fitur yang lain yang lain.

  1. Minimum Deposit Awal

Setiap perusahaan sekuritas memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai jumlah minimum awal deposit dana. Ada yang hanya 100 ribu, 500 ribu, 1 juta, sampai 10 juta.

Mungkin anda pernah diberi rekomendasi perusahaan efek dari teman anda yang menurut dia paling bagus, tapi untuk buka rekening disitu anda harus menyetor deposit minimum 10  juta.

Kalau saat ini anda masih mahasiswa atau pekerja muda yang ingin belajar investasi saham, apa kah anda harus menabung dulu sampai 10 juta baru anda membuka rekening efek. Jadi, Pilih saja yang sesuai dengan profil anda.

  1. Informasi dan Rekomendasi Pialang

Membantu investor saham pemula dengan memberikan informasi atau rekomendasi saham apa yang harus mereka beli, merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas untuk meningkatkan kualitas layanan perusahaan kepada para nasabah.

Tim riset analis menjadi penentu keberhasilan investor dalam bertransaksi saham. Dengan memiliki analis papan atas yang sering tampil di media, maka data dan hasil analisis perusahaan sekuritas menjadi lebih menarik untuk investor.

  1. Biaya Transaksi

Dalam transaksi saham, salah satu biaya yang harus anda tanggung yaitu biaya fee untuk setiap transaksi beli dan transaksi jual.

Fee beli dan jual setiap perusahaan sekuritas besaranya berbeda-beda. Semakin rendah fee yang dibebankan menjadi daya Tarik untuk investor.

Biaya lain yang dibebankan oleh beberapa sekuritas kepada nasabah adalah biaya data realtime, info market bulanan, dan lain-lain, maka anda harus menanyakan dengan detail terkait masalah fee yang harus anda tanggung.

  1. Fasilitas margin

Margin adalah fasilitas pinjaman yang diberikan perusahan efek kepada nasabah. Dengan adanya fasilitas margin anda dapat mengoptimalkan strategi trading anda. Anda dapat memilih perusahaan efek yang menyediakan fasilitas margin dengan bunga yang kecil, dan memiliki limit yang besar. Karena dengan margin memungkinkan  anda untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

  1. Rekening saham Syariah

Beberapa tahun kebelakang sudah muncul beberapa perusahaan yang menyediakan rekening khusus untuk transaksi saham-saham dalam kategori Syariah sesuai ketentuan DSN MUI.